Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 15, 2017

Tips Menjaga Kesehatan Penglihatan pada Lansia

diambil dari http://confidence-adultcare.com/tipsartikel/65


Sudah tidak bisa dipungkiri, kondisi tubuh setiap manusia pasti akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Secara umum, penurunan kondisi tubuh pada lansia menyebabkan gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, serta penurunan kemampuan berjalan. Untuk gangguan penglihatan sendiri, hal itu biasa dialami oleh lansia dengan umur 60 tahun ke atas, sehingga dapat dikatakan sebagai proses alami dan tak bisa dihindari.Gangguan sistem penglihatan pada lansia merupakan salah satu masalah krusial, karena penurunan fungsi penglihatan pada lansia membuat lansia menjadi kesulitan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari.
  1. Mengonsumsi Ikan Salmon dan Makanan Kaya Omega 3 Ikan seperti salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi danbaik untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian bahkan membuktikan bahwa nutrisi ikan salmon bisa mencegah kebutaan pada orang lanjut usia (lansia).
  2. Berhenti Merokok. Merokok dapat mempercepat kejadian katarak dan dapat menyebabkan keluhan mata kering serta tidak nyaman. Oleh karena itu, menghentikan kebiasaan merokok merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.
  3. Hindari Menggosok Mata. Gunakan tetes mata jika mata Anda kering, merah, dan berair. Hindari menggosok-gosok mata dengan menggunakan tangan, dan konsultasikan kesehatan mata lebih lanjut ke dokter jika memang kondisinya semakin parah.
  4. Lakukan Pemeriksaan Rutin. Pemeriksaan mata secara rutin sangat dianjurkan, apalagi jika kondisi penglihatan Anda semakin menurun. Mendatangani dokter mata 1 tahun sekali untuk melakukan check-up dan kontrol merupakan upaya tepat yang bisa Anda lakukan.
  5. Kurangi Menatap Layar Televisi. Menonton televisi memang merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh lansia di rumah agar tidak merasa kesepian. Namun ada baiknya jika Anda juga mengurangi menonton televisi, karena sinar yang dihasilkan oleh televisi kurang baik untuk kesehatan organ penglihatan jika dilakukan secara berlebihan.

1 comments:

Post a Comment