Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 20, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Agnes, Perawan dan Martir
Sabtu, 21 Januari 2017

Markus 3:20-21

3:20 Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makanpun mereka tidak dapat.
3:21 Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ciri khusus masyarakat tradisional adalah sikap hidup menjaga keselarasan. Keselarasan atau harmoni sosial dijaga dengan mempertahankan warisan kebiasaan masa lampau.
  • Tampaknya, sikap menjaga keselarasan sosial akan membuat orang memandang bahaya terhadap perilaku dan omongan yang berbeda dengan patokan umum. Orang yang tampil beda akan dipandang aneh bahkan dapat dianggap tidak normal.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, asal demi kebaikan umum agar banyak orang mengalami damai sejahtera, sebeda bahkan seaneh apapun perilaku dan omongan seseorang, ini semua justru menjadi tanda hadirnya dinamika yang menghadirkan penyegaran dan pembaruan kehidupan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghargai berbagai hal alternatif demi kebaikan umum.
Ah, pokoknya segala yang beda harus diwaspadai demi menjaga kebaikan yang sudah ada.

0 comments:

Post a Comment