Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 15, 2017

Lamunan Pekan Biasa II

Senin, 16 Januari 2017

Markus 2:18-22

2:18. Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa.
2:20 Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.
2:21 Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya.
2:22 Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap agama memiliki praktek-praktek yang menjadi tradisi turun temurun. Umat diwajibkan untuk setia menjalani bentuk-bentuk yang telah ditentukan dalam tradisi.
  • Tampaknya, salah satu praktek tradisi keagamaan adalah berpuasa. Dalam tradisi hidup keagamaan yang disebut puasa membuat orang harus menghindari makan dan minum dalam hari dan waktu tertentu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, kesejatian tradisi atau kebiasaan hidup keagamaan adalah untuk mengalami kebahagiaan ilahi secara nyata sehingga bentuk-bentuk yang dijalani akan disesuaikan dengan perkembangan zaman bahkan situasi dan kondisi hidup perorangan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan beragama dengan setia mempertahankan nilai-nilai yang ada dalam tradisi-tradisinya untuk dijalani secara dinamis sesuai dengan konteks realita hidup.
Ah, beragama itu berjuang setia menjalani bentuk-bentuk peninggalan tradisi.

0 comments:

Post a Comment